Langkah - Langkah Memulai Bisnis Kelapa Sawit

Langkah - Langkah Memulai Bisnis Kelapa Sawit

Memulai Bisnis Kelapa Sawit - Kelapa sawit atau disebut dalam bahasa latin yaitu Elaeis Guineensis Jacq yang merupakan jenis pohon yang paling banyak diminati oleh banyak pengusaha perkebunan. Kelapa sawit merupakan tanaman penghasil  minyak terbesar seindonesia. Selain sebagai tanaman penghasil minyak inti kelapa sawit juga merupakan salah satu primadona tanaman perkebunan yang menjadi sumber penghasil devisa non migas bagi indonesia. 

Langkah - Langkah Memulai Bisnis Kelapa Sawit

Kelapa sawit adalah tanaman tropis yang tingginya bisa mencapai 24 meter dengan habitat idealnya pada ketinggian 0-500 meter dari permukaan laut dan kelembaban mencapai 80-90%. Tanaman yang populer untuk dikembangkan dalam bisnis minyak kelapa sawit banyak ditemukan di daerah Aceh, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Jawa. 

Kelapa sawit yang diolah menjadi minyak kelapa sawit memiliki keunggulan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan minyak bumi. Minyak kelapa sawit yang dihasilkan dinilai memiliki ketahanan oksidasi dengan tekanan tinggi, serta mampu melarutkan berbagai bahan kimia yang tidak dapat larut oleh bahan pelarut lainnya, juga memiliki daya lapis yang tinggi dan tidak mengakibatkan iritasi pada kulit manusia sehingga banyak dibutuhkan oleh berbagai jenis industri.

Jenis - Jenis Kelapa Sawit


Sebelum memulai bisnis perkebunan kelapa sawit, anda perlu mengetahui terlebih dahulu 3 jenis kelapa sawit, yaitu:

1. Kelapa Sawit Dura: jenis buah kelapa sawit dura yang dihasilkan memiliki cangkang yang tebal dan sering dianggap memperpendek mesin pengolahnya, namun tandan buah segar (tbs) sangat besar dan kandungan minyak kelapa sawit yang yang dihasilkan pun cukup banyak, yaitu sekitar 18% per tbs.

2. Kelapa Sawit Pisifera: jenis kelapa sawit pisifera ini berbeda dengan jenis kelapa sawit dura karena jenis buah kelapa sawit pisifera ini tidak memiliki cangkang, sehingga inti/ kernel yang menghasilkan minyak kelapa sawit pun tidak ada dan sangat jarang menghasilkan buah. 

3. Kelapa Sawit Tenera: jenis buah kelapa sawit tenera ini merupakan hasil dari persilangan antara jenis kelapa sawit dura dengan jenis kelapa sawit pisifera. Kelapa sawit jenis tenera ini dianggap sebagai bibit unggul karena memiliki sifat unggul dari dari kedua induk asalnya. Buah yang dihasilkan setiap biji sawit jenis tenera memiliki presentase 90% dengan kandungan minyak kelapa sawit hingga 20% per tbs.

Langkah - Langkah Memulai Bisnis Kelapa Sawit


Sesuai dengan penjelasan yang sudah disampaikan di atas, maka untuk langkah awal memulai bisnis kelapa sawit adalah dari:

1. Menentukan lahan dan bibit kelapa sawit


Untuk mengawali bisnis perkebunan kelapa sawit kita mulai dari menentukan lahan, jika kita tidak memilikinya, Anda bisa membelinya dari warga-warga lokal atau barangkali Anda bisa menawarkan diri sebagai investor guna mengelola lahan mereka sebagai kebun kelapa sawit.

2.Melakukan penanaman dan perawatan kebun kelapa sawit


Penanaman Pohon kelapa sawit jangan sembarangan, seringkali jarak antar pohon berkisar 9 meter. Hal ini bertujuan selain mengawal jarak dewasa perkembangan kelapa sawit, juga supaya perkembangan akar kelapa sawit nantinya bisa berkembang sempurna dan tidak saling berebut nutrisi. Bagi perawatan, yang sangat diutamakan ialah menjaga pohon sawit dari serangan Gulma maupun gangguan lainnya.

3.Proses penjualan hasil dari panen kelapa sawit 


Inilah unsur yang sangat ditunggu, pohon kelapa sawit bisa mulai dipanen dari umur 3 tahun. Biasanya proses panen dilaksanakan 2x dalam satu bulan guna 2 hektar kebun. Rata-rata berat tandan buah segar (tbs) dapat menjangkau 50 kg tergantung pada perawatan dan jenis bibit, semakin tua usia sawit, semakin berat pun hasil tbs.

Itulah sedikit langkah untuk memulai bisnis kelapa sawit, semoga bermanfaat dan selamat berbisnis.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments